Perancangan dan produksi kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokal

B.Perancangan dan produksi kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokal
Objek budaya lokal dan material serta teknik khas daerah merupakan potensi yang harus dikembangkan sehingga lestari menjadi manfaat bagi daerah.setiap daerah memiliki objek budaya lokal yang berbeda-beda.
Proses perancangan kerajinan diawali dengan pemilihan sumber inspirasi dan pencarian ide produk kerajinan ,pembuatan sketsa ide,pembuatan studi model kerajinan,dilanjutkan dengan pembuatan petunjuk produksi.
Objek budaya lokal dapat berupa objek 2 (dua) dimensi seperti relief&3(tiga)dimensi seperti bangunan.
1.pencarian ide produk
Pengetahuan dan apresiasi kita terhadap berbagai kekayaan objek budaya lokal di daerah setempat,pakaian tradisional ,rumah adat , sejata tradisioanal, alat musik DLL dapat mendorong munculnya ide untuk pembuatan produk kerajinan.ide bisa muncul secara tidak berurutan ,dan tidak lengkap namun dapat juga muncul secara utuh .Kunci sukses dari tahap brainstorming dalam kelompk adalah jangan ada perasaan takut salah,setaiap orang berhak mengeluarkan pendapat saling menghargai pendapat teman, boleh memberikan ide yang merupakan perkembangan dari ide sebelumnya.
2.membuat gambar /sketsa
Ide –ide produk ,rencana atau rancangan dari produk kerajinan dibuatkan sketsanya agar ide yang abstrak menjadi berwujud.rancangan dapat di gambarkan pada sebuah buku dengan menggunakan pensil,spidoldan sebaiknya hindari penggunaan penghapus,triklah garis tipis dahulu.
3.pilih ide terbaik
setelah anda menghasilkan banyak ide dan menggambarkannya dengan sketsa,mulai pertimbangkan ide mana yang paling baik.
4.prototyping atau membuat studi model
Sketsa ide yang dibuat pada tahap-tahap sebelumnya adalah format dua dimensi .kerajina yang akan dibuat berbentuk tiga dimensi .maka ,studibentuk selanjutnya dilakukan dalam format tiga dimensi,yaitu dengan studi model.
5.perencanaan produksi
A. Produksi kerajinan dengan inspirasi objek benda lokal
Tahapan produksi secara umum terbagi atas pembahanan,pembentukan ,perakitan dan cara finising.tahap pembahanan adalah mempersiapkan bahan /matrial.pembentukan adalah membentuk bahan yang sudah di persiapkan .perakitan adalah merakit bahan sudah di bentuk.finising adalah tahap terakhir /tahap pengecekan barang sebelum di jual ke pasaran.
B.Kemasan kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokal
   Kemasan untuk kerajinan berfungsi untuk melindungi produk dai kerusakan serta memberikan kemudahan membawa dari produksi hingga ke konsumen &menambah daya tarik pembeli.
Kemasan dibagi menjadi 3(tiga)kemasan :
-kemasan primer => kemasan yang melekat pada produk
-kemasan sekunder => beberapa kemasan primer yang berisi produk
-kemasan tersier => kemasan untuk distribusi.
 
 
Sumber : https://wwwfarhannurmansyah.blogspot.co.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhitungan Biaya Budi Daya Tanaman Hias

Proses Produksi Budi daya Tanaman Hias

Evaluasi Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Objek Budaya Lokal