Hasil Kegiatan Usaha untuk Budi daya Tanaman Hias
sumber foto : http://eyzcyber.blogspot.co.id/2015/03/laporan-observasi-usaha-budidaya.html
Pemaparan materi tentang wirausaha budi daya tanaman hias, sudah
diberikan dengan lengkap, yang didukung oleh hasil pengerjaan tugas dari
setiap kelompok. Presentasi kelompok akan produk budi daya tanaman hias
juga memberikan khazanah kekayaan keilmuan dan pengalaman pada
teman-temannya di kelompok lain.
Setelah melewati rangkaian pembelajaran sebelumnya, diharapkan semua
peserta didik memahami dengan baik apa yang dimaksud dengan budi daya
tanaman hias, dan meyakini peluang akan usaha ini yang cukup baik.
Setiap kelompok sudah mempunyai produk unggulan yang akan dijadikan
tonggak sejarah memulai masuk dunia wirausaha. Setiap kelompok sudah
sangat mengetahui dan menguasai produknya masing-masing, sudah membuat
perencanaan usahanya dengan baik, sudah memilih sistem pengolahan yang
tepat, dan sudah melakukan perhitungan biaya yang lengkap. Selain itu
juga, setiap kelompok sudah mempunyai strategi pemasaran yang terpilih.
Strategi pemasaran ini tidak bisa dipisahkan dari pemilihan model
distribusi produk karena salah satu bagian penting dari sistem pemasaran
produk. Pemilihan model distribusi produk yang tepat akan sangat
menentukan keberhasilan penjualan produk ke pasaran.
Saluran distribusi menjadi bagian penting dalam proses penyampaian
produk dari produsen kepada konsumen akhir. Sebagus apa pun produknya
dan segencar apa pun promosinya, tanpa pemilihan saluran distribusi yang
tepat, tidak akan membuat produk tersebut bisa sampai pada konsumen dan
diterima dengan baik oleh konsumen.
Saluran distribusi terdiri atas beberapa rantai yang saling terkait
dan memengaruhi. Beberapa rantai tersebut antara lain adalah supplier, manufacturer, distributor dan retailer serta
pelanggan. Saat ini, rantai dan saluran distribusi tidak hanya
bertujuan untuk mengurangi biaya, tetapi lebih dari itu adalah untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga bisa dipastikan produk
terdistribusikan dengan baik sampai di tangan konsumen yang ditargetkan.
Rantai distribusi merupakan suatu jaringan dari organisasi value chain
yang menjalankan fungsi menghubungkan produsen dan konsumen. Kegiatan
yang dilakukan oleh para penyalur ini pada prinsipnya akan mengurangi
hubungan langsung antara produsen dan konsumen, yang secara tidak
langsung juga membagi tugas sehingga masing-masing fokus pada tugasnya.
Konsep pemasaran langsung adalah konsep yang pertama akan dijalankan,
saat usaha baru dimulai karena pemasaran langsung merupakan model yang
cukup sederhana dan aman, serta tidak membutuhkan waktu dan modal yang
banyak. Perputaran keuangan juga bisa cepat dengan sistem ini karena
tidak terjadi penumpukan tagihan dan administrasi yang rumit. Untuk para
pengusaha pemula, pengaturan keuangan yang baik adalah kunci
keberhasilan, agar keuangan yang terbatas bisa terus berputas. Setelah
berkembang, untuk produk budi daya tanaman hias ini, baru bisa dicobakan
sistem pemasaran lainnya, sehingga jangkauan pasarnya akan semakin
luas, dan semakin berkembang.
Sumber : https://www.firde7.xyz/2017/01/prakarya-dan-kewirausahaan-perumusan.html
Komentar
Posting Komentar